Tips memilih RAM yang bagus

Halo semuanya balik lagi dengan gue ,di artikel ini gue mau berbagi tips Memilih RAM yang bagus,apa itu RAM?
RAM (Random Access Memory) adalah sebuah tipe penyimpanan komputer yang isinya dapat diakses dalam waktu yang tetap. Ram juga merupakan tempat penyimpanan data sementara yang apabila komputer atau laptop mati, maka datanya kan hilang kembali. Setiap ram memiliki pin/slot yang berbeda, tinggal menyocokkan dengan type laptop/komputer yang digunakan.

Oke Berikut tips memilih memori (RAM) komputer yang baik adalah sebagai berikut :

1. Pilih memory dengan jumlah ganda apabila motherboard Anda mendukung dual channel. Sebagai contoh, “pilihlah sepasang memori dengan kapasitas masing-masing 2GB daripada membeli sekeping memori dengan kapasitas 4GB”. Dukungan Dual Channel memungkinkan performa sistem komputer Anda akan tampil jauh lebih baik. Jadi, memnggunakan dua keping memori lebih baik daripada menggunakan satu keping memori meskipun kapasitasnya lebih besar.

2. Carilah vendor yang telah memiliki reputasi baik dalam penjualan dan layanan purna-jual. Anda dapat menggunakan jumlah service center yang dimiliki serta lama garansi sebagai tolok ukur ini. Pilihlah memori yang sudah dikenal luas di kalangan pengguna komputer

3. Hindari memilikih memori dengan chip aneh alias Anda tidak tahu siapa pembuatnya. Nama-nama seperti Samsung, Infineon, visipro atau Corsair dan lain-lain dapat Anda jadikan referensi. Ini penting karena beberapa MoBo menyarankan chip tertentu untuk dukungan kesesuaian.

4. Hindari membeli memori tray alias tidak dalam kemasan. Di pasar saat ini banyak sekali dijual memori tanpa kemasan. Meski dilabel dengan berbagai merek ternama, jangan mudah tergoda untuk membeli memori jenis ini. Resiko tingkat kerusakan akibat listrik statik yang sangat tinggi ditambah lagi resiko data korup akibat chip yang rusak akan menghantui kestabilan PC Anda.

5. Jika Anda sering menggunakan komputer dalam jangka waktu yang lama, pastikan untuk memilih memori yang dilengkapi dengan heat spreader. Harga memori jenis ini pada umumnya lebih mahal ketimbang memori standar. Meskipun demikian, performa dan kestabilan yang ditawarkan memori jenis ini sangat bagus.

6. Jangan terjebak dengan janji life time warranty. Di Indonesia, definisi garansi jenis ini masih dipertanyakan. Definisi life time warranty menurut Hukum Dagang Internasional adalah sebatas teknologi produk yang bersangkutan masih ada dan proses produksinya masih dijalankan. Pilih memori dengan angka latency terendah.

Ada tips lainnya lagi, berikut tipsnya :

1. jika ingin mengganti semua RAM (artinya RAM yang lawas dilepas atau dibuang) dengan RAM yang baru kita harus melihat jenis slott pada komputer. Jika slotnya untuk DDR2 ya belilah yang tipe DDR2 jangan sampai salah beli karna setiap DDR akan memiliki slot yang berbeda.

2. jika ingin menggunakan RAM kapasitas 2 GB atau 4 GB dan slot RAM pada mobo kita ada 2 atau dual channel saya sarankan menggunakan 2 keping. Jika 2 GB beli yang 1 GB dan 1 GB jika 4 GB beli yang 2 GB 2 GB. Kenapa saya menyarankan seperti itu? Agar performa komputer kita berjalan lebih baik dan seimbang.

3. Perhatikan kapasitas maksimal ukuran memori dan clocknya setiap slot.Contoh PC saya maksimal setiap slotnya 2 giga dan clocknya 800mhz atau PC6400.jika kelebihan komputer anda bisa gagal booting.untuk melihat kapasitas bisa dilihat di buku panduan mobo anda.

4. Jika anda ingin menambah jumlah RAM dari 4 giga menjadi 8 giga perhatikan OS yang anda pakai.jika anda menggunakan misalnya OS windows 7 ultimate 32 bit mau bagamanapun RAM yang terdeteksi cuma 4 giga.

5. jika anda ingin menambah RAM ,misal di pc udah ada 2 GB ingin tambah 1 GB atau 2GB perhatikan Frekuensi RAM yang lama.jika RAM lama PC6400 atau 800 mhz maka carilah frekuensi RAM yang baru setara dengan yang lama yaitu PC6400.karena jika RAM yang baru hanya PC5300 atau 666 mhz maka RAM yang baru akan mengikuti RAM yang lama menjadi 666 mhz.Wuhghghgh rugi besar dong.Lihat juga timingnya. Semakin rapat timingnya maka semakin kencang larinya.contoh timing PC6400 ada yang 5-5-5-15 dan 6-6-6-18.Anda pasti tahu kan harus memilih yang mana? jelas pilih yang 6-6-6-18.untuk melihat timing dan segalanya silakan donwload CPU-z.Merk RAM berbeda tidak masalah yang penting Spesifikasi sama.

Post a Comment